Rahasia dan Keutamaan Ayat Kursi Riwayat Kitab Addurrul Mantsur


Rahasia dan Keutamaan Ayat Kursi

Keutamaan dari Ayat Kursi yang teramat mulia ini adalah sebagaimana diriwayatkan dalam kitab Addurrul Mantsur, Rasulullah saw bersabda:

انها أعظم ا ية في ا لقران كتاب الله

"Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Al-Quran."

Terdapat sebuah riwayat yang mengatakan: "Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak anakmu dan tempat tinggalmu. Apabila dibaca pada pagi dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan selalu menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari. Dalam riwayat lainnya dikatakan bahwa membaca ayat Kursi adalah setara dengan membaca seperempat Al-Quran.

Dalam kitab Taisiril Ushul Ila Jami' Ushul Min Hadist Rasul saw karya dari seorang ulama besar Asy-Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'iy Asy-Syaibani Asy-Syafi'i semoga Allah mensucikan ruhnya dan menerangi kuburnya diriwayatkan dari Abi Hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya Al-Quran adalah surat Al-Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Al-Quran yaitu Ayat Kursi." (HR. At-Turmudzi)

Diriwayatkan dalam tafsir sirajul munir karangan imam Asy-Syarbini mengatakan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan An-Nasa'i bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang dapat mencegahnya untuk masuk ke dalam surga kecuali kematian."

Yang dimaksud kecuali kematian pada hadist tersebut diatas adalah apabila telah datang ajalnya maka dia pasti akan dimasukkan kedalam surga.

Albaihaqy dalam kitabnya Syi'bil Iman meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: 

"Tidaklah seseorang itu selalu membacanya (ayat kursi) itu, kecuali dia adalah seorang siddiq atau 'abid (ahli ibadah)."

Dalam riwayat lainnya dikatakan: "Barangsiapa membacanya ketika dia akan mulai tidur maka Allah akan memberikan keamanan baginya, bagi tetangganya, bagi tetangga dari tetangganya dan bagi rumah-rumah yang ada disekitarnya."

Diriwayatkan, jika Ayat Kursi dibaca pada sebuah rumah maka setan tidak akan mendatangi rumah itu selama tiga puluh hari, dan sihir tidak akan mampu masuk kerumah itu selama empat puluh hari.

Rasulullah saw berkata pada sayidina Ali ra: "Wahai Ali ajarkanlah ini kepada anak-anakmu, kepada keluargamu dan kepada para tetanggamu, karena tidak diturunkan ayat yang lebih mulia dari ayat ini (Ayat Kursi)."


Pada suatu ketika, para sahabat sedang membicarakan mengenai keutamaan ayat-ayat dalam Al-Quran, maka sayidina Ali ra. mengatakan pada mereka, bagaimana menurut kalian tentang ayat kursi? Rasulullah saw pernah bersabda kepadaku:

"Wahai Ali sayidul basyar (pemimpin para manusia) adalah Nabi Adam, pemimpin seluruh bangsa Arab adalah Muhammad dan tidaklah aku bangga karena ucapan ini, pemimpin dari orang-orang Parsi adalah Salman, pemimpin dari golongan Rumawi adalah Shuhaib, pemimpin dari kaum Habasyah adalah Bilal, pemimpin dari seluruh gunung adalah gunung Thur, pemimpin semua hari adalah hari Jum'at, pemimpin seluruh kitab adalah Al-Quran, pemimpin seluruh surat dalam Al-Quran adalah Al-Baqarah, pemimpin seluruh ayat dalam surat Al-Baqarah adalah Ayat Kursi."

Comments