Prinsip-prinsip Keimanan dan Sikap Mengimani Rasul Allah


Prinsip-prinsip Keimanan Kepada Rasul Allah

Rasul adalah manusia yang diutus Allah swt. untuk menerima wahyu-Nya agar disampaikan kepada umat. Hal ini berbeda dengan nabi yang tidak memiliki kewajiban menyampaikan wahyu kepada umatnya. Adapun prinsip-prinsip keyakinan kepada Rasul Allah swt. sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Setiap mukmin wajib beriman kepada Rasul Allah swt. (QS. Al-Baqarah/2: 177 dan 285).
  2. Sebagian Rasul ada yang disebutkan namanya di dalam Al-Qur'an dan ada juga yang tidak disebutkan (QS. Al-Mu'min/Gafir/40: 78 dan QS. An-Nisa'/4: 164).
  3. Setiap umat sebelum Nabi Muhammad saw. pasti ada rasulnya (QS. Yunus/10: 47 dan QS. An-Nahl/16: 63).
  4. Semua nabi dan rasul adalah pria (QS. Al-Anbiya/21: 7 dan QS. Al-Furqan/25: 20).
  5. Misi setiap rasul adalah sama, yaitu menyampaikan ajaran tauhid dan menegakkan keadilan serta derajat yang sama di tengah masyarakat (QS. Al-Anbiya'/21: 25, QS. An-Nahl/16: 36, QS. As-Syura'/42: 13, dan QS. Al-Ahzab/33: 45-46).
  6. Setiap rasul menggunakan bahasa kaumnya (QS. Ibrahim/14: 4).
  7. Para rasul diutus untuk dipatuhi dan ditaati oleh umatnya (QS. An-Nisa'/4: 64).
  8. Beberapa sifat yang harus dimiliki oleh setiap rasul adalah sebagai berikut.
  • Sidik: Benar (QS. Maryam/19: 41)
  • Amanah: Dapat dipercaya (QS. Ali 'Imran/3: 79)
  • Tablig: Menyampaikan (QS. Al-Ma'idah/5: 67)
  • Fatanah: Cerdik/cerdas (QS. Al-Baqarah/2: 258-260)
Sikap Mengimani Rasul Allah

Agar kehidupan manusia di dunia teratur, sejahtera, dan bisa berinteraksi dengan alam lingkungannya, mereka tidak cukup menggunakan akal saja, karena kemampuan akal sangat terbatas. Oleh karena itu, sangat penting hadirnya para rasul sebagai utusan Allah swt. untuk memberi contoh tentang cara dan bagaimana hidup itu harus dijalani.

Para rasul dan nabi sangat banyak jumlahnya. Ada yang menyatakan jumlahnya sebanyak 240 rasul, 360 rasul, dan ada pula yang mengatakan 313 rasul. Adapaun menurut hadis dijelaskan bahwa jumlah nabi ada 124.000 dan sebagian dari mereka menjadi rasul. Di antara begitu banyak rasul, hanya ada 25 rasul yang wajib diimani.

Umumnya, seluruh nabi dan rasul diutus oleh Allah swt. kepada suatu kaum, kelompok, atau ke suatu negeri tertentu, seperti Nabi Saleh a.s. yang diutus kepada bangsa Samud, Nabi Hud a.s. kepada kaum 'Ad, Nabi Luth a.s. ke negeri Sodom, dan Nabi Syu'aib a.s. ke negeri Madyan. Hal ini berbeda sekali dengan Nabi Muhammad saw. yang diutus untuk seluruh umat manusia. Firman Allah swt:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. Saba'/34: 28)

Di antara para rasul, rasul terbanyak diutus untuk golongan Bani Israil Seperti Nabi Yusuf a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Daud a.s., Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ilyas a.s., Nabi Ilyasa a.s., Nabi Yunus a.s., Nabi Zakaria a.s., Nabi Yahya a.s., dan Nabi Isa a.s. Saat menyampaikan wahyu kepada umatnya, hampir semua para rasul tersebut mendapat tantangan, hinaan, bahkan siksaan dari sebagian umatnya. Karena beratnya tugas para rasul, selain Allah swt. memberikan wahyu, mereka juga diberi mukjizat.

Comments